Berita
May 03, 2024

KAJIAN TARJIH MEI 2024 di MuOne

 MuOne News- Kajian kitab tarjih Muhammadiyah adalah agenda rutin bulanan yang dilaksanakan oleh SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto teruntuk warga sekolah terutama para guru dan karyawan. Pada kesempatan hari Jum'at, 3 Mei 2024, kajian yang dilaksanakan di sekolah berlangsung sekitar pukul 10.00 sampai pukul 11.30. Hadir Ustadz badelul Rifa'i, S.Ag. yang ditemani oleh Pak Aji Santoso, S.Pd.I sebagai pembawa acara. Kajian yang disampaikan berkenaan dengan tata cara pelaksanaan shalat Jum'at. Adapun dalil yang disampaikan berkenaan shalat Jum'at adalah sebagai berikut.

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا نُوْدِيَ لِلصَّلٰوةِ مِنْ يَّوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا اِلٰى ذِكْرِ اللّٰهِ وَذَرُوا الْبَيْعَۗ ذٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ ۝٩

Wahai orang-orang yang beriman, apabila (seruan) untuk melaksanakan salat pada hari Jumat telah dikumandangkan, segeralah mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui (Q.S. Al-Jumu'ah · Ayat 9)

Berikut adalah petikan kajian yang diambil dari kitab Himpunan Putusan Majelis Tarjih Muhammadiyah. 

صَلاَةُ اْلجُمُعَةِ

اِذَا كَانَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَاَقِمْ صَلاَةَ الْجُمُعَةِ رَكْعَتَيْنِ فِى جَمَاعَةِ (30).

SHALAT JUM’AH
Apabila tiba hari Jum’ah, dirikanlah shalat Jum’ah dua raka’at dengan berjama’ah.

وَلْيَخْطُبِ اْلاِمَامُ قَبْلَ الصَّلاَةِ خُطْبَتَيْنِ قَائِمًا. وَلْيَجْلِسْ بَيْنَهُمَا وَيَقْرَاُ اَيَاتِ وَيُذَكِّرُ النَّاسَ (31).

Sebelum shalat hendaklah Imam berkhuthbah dua kali dengan berdiri dan duduk di antara kedua khutthbah itu. Di dalam khuthbah Imam supaya membaca beberapa ayat Quran dan memberikan peringatan-peringatan kepada orang banyak (31).

Tata cara melaksanakan shalat Jum'at;

1. Berangkat menuju masjid awal waktu

وَبَكِّرْ فِى الْخُرُوجِ اِلىَ الْمَسْجِدِ (32).

Dan berangkatlah ke masjid pagi-pagi (32).

2. Mandi wajib sebelum berangkat

3. Kenakan pakaian yang terbaik

4. Pakai wangi-wangian

5. Berangkat ke masjid dengan tenang

6. Setelah tiba di masjid, laksanakan shalat sunah sesuai kemampuan

7. Dengarkan khutbah dengan berkonsentrasi

وَاغْتَسِلْ قَبْلَ الْخُرُوجِ وَاْلبَسْ اَحْسَنَ ثِيَابَكَ وَمَسَّ طَيِّبًا اِنْ وَجَدْتَ. ثُمَّ اخْرُجْ اِلىَ الْمَسْجِدِ بِالسَّكِيْنَةِ. ثُمَّ اِذَا اَتَيْتَ الْمَسْجِدَ فَصَلِّ مَا قُدِّرَ لَكَ وَلاَ تُؤْذِ اَحَدًا. فَاِذَا خَطَبَ اْلاِمَامُ فَاَنْصِتْ (33). وَاِذَا دَخَلْتَ الْمَسْجِدَ وَاْلاِمَامُ يَخْطُبُ فَصَلِّ رَكْعَتَيْنِ خَفِيْفَتَيْنِ   (34).

Dan sebelum berangkat, mandilah lebih dahulu lalu mengenakan pakaianmu yang terbaik dan kenakanlah (ucaplah) wangi-wangian apabila ada padamu, kemudian berangkatlah ke masjid dengan tenang. Setelah tiba di masjid shalatlah sekuatmu dan jangan mengganggu seseorang; kemudian apabila Imam berkhuthbah dengarkanlah dengan penuh perhatian (33).

Apabila kamu masuk masjid pada waktu imam sedang berkhutbah, maka kerjakanlah shalat dua rakaat yang ringan (cepatan) (34).

وَاِذَا جَلَسَ اْلاِمَامُ عَلَى الْمِنْبَرِ فَلْيُؤَذِّنْ اَحَدُكُمْ. وَاِذَا اَنْزَلَ مِنْهُ فَلْيُقِمْ (35).

Apabila Imam telah duduk di atas mimbar, maka adzanlah salah seroang dari kamu dan apabila Imam telah turun dari mimbar, maka berqamatlah.

وَلْيَبْدَاُ اْلاِمَامُ خُطْبَتَهُ بِالتَّحْمِيْدِ وَالتَّشَهُّدِ وَالصَّلاَةِ عَلىَ النَّبِيِّ صلعم (36). ثُمَّ الْوَصِيَّةِ بِالتَّقْوَى ثُمَّ الدُّعَاءِ (37). وَاقْصُرِ الْخُطْبَةِ وَاَطِلِ الصَّلاَةَ قَصْدًا (38).

Imam hendaklah memulai khuthbahnya dengan ucapan: tahmid, tasjhhud w.a.w. (36) lalu berwashiyat dengan taqwa dan kemudian berdo’a (37). Dan singkatkanlah khuthbah serta agar panjangkanlah khuthbah serta agar panjangkanlah shalat (38).

وِلِيَقْرَإِ اْلاِمَامُ فِى الرَّكْعَةِ اْلاَوْلىَ بَعْدَ الْفَاتِحَةِ بِسَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ اْلاَعْلَى وَفِى الثَّانِيَةِ هَلْ اَتَاكَ حَدِيْثُ الْغَاشِيَةَ (39). وَصَلِّ بَعْدَهَا اَرْبَعًا اَوْ رَكْعَتَيْنِ (40).

Dalam shalat Jama’ah hendaklah Imam membaca surat “Sabbihisma rabbikal a’la-, sesudah surat Fatihah pada raka’at pertama dan pada raka’at kedua hendaklah membaca “hal ata-ka hadi-tsul gha-siyah. (39)

Dan kerjakanlah shalat empat atau dua raka’at sesudahnya (40).

Hadits-hadits yang disampaikan di atas diriwayatkan oleh Muslim dari Abu Hurairah r.a. 

Pak Aji dan Ustadz Badelul.jpg 154.98 KB
Demikian kajian kitab tarjih telah disampaikan, dengan harapan dapat menjadi khasanah pengilmuan sehingga dapat dilaksanakan oleh segenap warga sekolah dan dapat disampaikan kepada khalayak sebagai bentuk syiar. (Sigit Haryo/Badelul Rifa'i) 

eduact